Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PPPK harus bagus manajerialnya hingga selesai kontrak, bukan saat tes saja.



Beritapanas.com - Pemerintah telah menyiapkan tes kompetensi manajerial bagi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Tes ini merupakan bagian dari proses seleksi untuk menjadi PPPK yang akan ditugaskan pada instansi-instansi pemerintah.

Dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), tes ini akan mengukur kemampuan calon PPPK dalam mengelola dan mengambil keputusan, serta mengelola sumber daya manusia. Materi yang akan diujikan meliputi prinsip-prinsip manajemen, strategi perencanaan, dan pengambilan keputusan.

Peserta yang akan mengikuti tes harus mempersiapkan diri dengan baik, terutama dalam memahami materi yang akan diujikan. BKN telah menyiapkan buku panduan dan materi latihan yang dapat diakses oleh para calon PPPK untuk membantu persiapan mereka.

Tes kompetensi manajerial ini akan diselenggarakan bersamaan dengan tes kompetensi lainnya, diantaranya kompetensi sosiokultural, kompetensi teknis, dan juga tes wawancara yang sebagian dilaksanakan secara online dan lainnya secara langsung seperti yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional.

Pemerintah berharap dengan tes ini, dapat menyeleksi calon PPPK yang memiliki kemampuan manajerial yang baik dan dapat menjadi pemimpin yang efektif di instansi-instansi pemerintah.

Selain mengukur kemampuan manajerial calon PPPK, tes ini juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi para PPPK untuk terus meningkatkan kompetensinya selama menjalani kontrak kerja dengan pemerintah.

Pemerintah menginginkan PPPK yang memiliki kemampuan manajerial yang baik tidak hanya saat menjalani masa kontrak pertama, tetapi juga selama masa kerja selanjutnya. Dengan demikian, PPPK diharapkan dapat terus menunjukkan prestasi yang baik dan menjadi pemimpin yang efektif di instansi-instansi pemerintah.

Oleh karena itu, calon PPPK diharapkan tidak hanya mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tes kompetensi manajerial ini, tetapi juga terus belajar dan meningkatkan kemampuan manajerialnya selama menjalani kontrak kerja dengan pemerintah. Ini merupakan bagian dari paradigma baru yang diusung pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di instansi-instansi pemerintah.

Post a Comment for "PPPK harus bagus manajerialnya hingga selesai kontrak, bukan saat tes saja."