Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tasikmalaya Kota Santri dan Kota Pesantren yang Nasionalis

Beritapanas.com - Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 di tahun 2022 ini menjadi momen menarik di kota Tasikmalaya. Hal tersebut karena pada tahun ini HUT RI berdekatan dengan hari Pramuka dan Tahun Baru Hijriyah.

Sebagaimana diketahui kalau Tasikmalaya itu dikenal sebagai kota santri. Dengan demikian ada banyak santri dan pesantren yang ada dan eksis di Tasikmalaya, baik di Kota Tasikmalaya maupun Kabupaten Tasikmalaya.

Berdekatannya waktu antara Tahun Baru Hijriyah, Hari Pramuka, dan HUT RI tersebut mendatangkan keramaian sepanjang beberapa pekan terakhir. Banyak warga dan para pelajar yang antusias mengikuti acara pawai. 

Hal menarik adalah ketika berlangsungnya pawai, banyak terlihat gabungan ornamen yang mewakili ketiga acara tersebut. Seolah-olah ketiga acara tersebut sengaja disatukan.

Hal yang baiknya adalah bahwa antusiasme warga Tasikmalaya tersebut menunjukan kecintaannya pada Agama dan Bangsa yang tinggi. Selain itu, peringatan dengan pawai juga bisa menjadi edukasi bagi generasi muda yang mungkin sudah banyak terpapar oleh budaya asing.

Mungkin di banyak kota juga diperingati HUT RI dan Hari Pramuka, namun di Tasikmalaya yang sangat nyantri ini juga dimeriahkan dengan peringatan Tahun Baru Hijriyah.

Saat berita ini ditulis (Selasa, 16/8/2022) ada banyak wilayah yang setiap sore dan malam memperingati HUT RI dengan melaksanakan berbagai macam turnamen dan perlombaan.

Seperti di kampung Mancogeh salah satunya, setiap sore dilaksanakan turnamen sepakbola disertai acara lain setiap malamnya, seperti lomba karoke, lomba masak liwet, lomba tenis meja, dsb. Dan menurut kabarnya, untuk perlombaan khusus anak-anak nantinya akan dilaksanakan pada acara khusus tepat tanggal 17 Agustus 2022. Selain itu di akhir acara juga akan dilaksanakan Gerak Jalan Santai.

Tentu selain di Mancogeh juga masih ada peringatan serupa di tempat-tempat yang lain baik di Tasikmalaya maupun di kota atau kabupaten lainnya.

Semoga peringatan Tahun Baru Hijriyah, Hari Pramuka serta HUT RI tahun ini mendatangkan keberkahan dan nilai-nilai positif bagi seluruh warga Republik Indonesia.

Post a Comment for "Tasikmalaya Kota Santri dan Kota Pesantren yang Nasionalis"