Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Petir Menyambar Rumah dan apa yang harus dilakukan



Pada tanggal 12 Agustus 2022 terjadi sambaran petir di daerah Mancogeh, Nagarasari, Cipedes, Kota Tasikmalaya sekitar pukul 22.30 WIB. Menurut warga petir tersebut menimbulkan suara yang sangat keras dan terjadi selama beberapa detik.

Akibat dari sambaran petir tersebut, beberapa rumah mengalami pemadaman otomatis yang ditimbulkan dari arus dan tegangan listrik yang terlalu besar. Saat kejadian sebagian warga tengah tertidur, sedangkan sebagian warga di penginapan D'Exslusive dan yang sedang berkumpul di tempat nongkrong masih terbangun.

Warga yang tengah tertidur pun banyak yang terbangunkan akibat petir menyambar rumah tersebut. Namun hingga berita ini dirilis, belum diketahui pasti rumah mana yang tersambar petir. Sehingga kemungkinan petir menyambar tiang listrik, atau perangkat PLN lainnya.

Petir yang menyambar rumah sangat berbahaya baik bagi penghuni rumah maupun bagi alat elektronik yang ada di dalam rumah tersebut. Dalam beberapa kasus, memang saat petir menyambar rumah, aliran listriknya akan otomatis terputus. Namun jika perangkat "sikring"nya jelek, maka arus akan tetap mengalir hingga membuat perangkat elektronik konslet / terbakar.

Menurut penyampaian Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) - Stasiun Meteorologi El Tari, Agung Sudiono Abadi menyampaikan bahwa petir itu sangat cenderung untuk memilih tempat yang terbuka dan juga tinggi sebagai target yang bisa menjadi sambaran.
Jika kasus petir menyambar HP atau perangkat elektronik secara langsung, masih belum tentu kebenarannya. Namun hal tersebut dapat saja terjadi. Sehingga bagi warga sebaiknya tidak menggunakan perangkat elektronik ketika berada di tempat terbuka dan juga tinggi. Selain itu juga tidak menggunakan perangkat elektronik yang sedang terhubung ke aliran PLN / seperti sedang dicharge.

Itulah informasi terkait berita rumah tersambar petir atau petir menyambar rumah.

Post a Comment for "Petir Menyambar Rumah dan apa yang harus dilakukan"