Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bank Indonesia Cabang Tasikmalaya Melaksanakan Training of Trainer CBP Rupiah 2022

Training of Trainer Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah
(ToT CBP Rupiah)
Bank Indonesia Cabang Tasikmalaya


Beritapanas.com -- Bank Indonesia Tasikmalaya pada hari hari Senin tanggal 15 agustus 2022 telah Pelatihan bagi para guru atau Training of Trainer. Kegiatan tersebut dinamai Training of Trainer Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (ToT CBP Rupiah).


Kegiatan tersebut diikuti oleh para guru yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.  kegiatan dibagi menjadi beberapa batch,  Sedangkan untuk hari Senin tanggal 15 Agustus 2022 merupakan batch ke-1  yang dihadiri oleh guru-guru dari tingkat sekolah dasar (SD).


Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Bank Indonesia Cabang Tasikmalaya tepatnya di ruangan Balai Priangan tersebut dilaksanakan sejak pukul 08.00 sampai 13.30 WIB. Sejak awal memasuki ruangan, para pengunjung termasuk peserta diwajibkan mengikuti prokes serta harus sudah menginstall aplikasi Peduli Lindungi dan menjalankan Vaksinasi Covid-19.


Ada 3 materi yang disampaikan dalam ToT CBP Rupiah tersebut.  Pada pemaparan materi pertama disampaikan materi mengenai CBP Rupiah,  selanjutnya pada pemaparan materi kedua mengenai aplikasi sistem pembayaran digital,  Sedangkan untuk materi ketiga yaitu mengenai kebanksentralan.


Materi ToT CBP Rupiah berkaitan dengan pembentukan karakter bangsa   agar cinta ka dan paham terhadap mata uang Rupiah. Wujud rasa cinta terhadap rupiah diperlihatkan dengan mengenali fisik mata uang dan cara merawatnya. Wujud bangga terhadap mata uang Rupiah diperlihatkan dengan bertransaksi menggunakan mata uang Rupiah. Sedangkan wujud paham terhadap rupiah diperlihatkan dengan berbelanja secara hemat serta berinvestasi untuk menjaga stabilitas rupiah.


Selama mengikuti kegiatan tersebut para peserta yang merupakan guru SD dari 4 Kecamatan pada Batch ke 1 tersebut sangat antusias. Kesempatan untuk bertanya dipergunakan dengan sangat baik. Pertanyaan pun beragam baik yang berkaitan dengan materi maupun yang yang tidak berkaitan dengan materi tetapi berkaitan dengan perbankan atau keuangan.


Pada kegiatan tersebut pihak bank Indonesia Tasikmalaya juga memperkenalkan metode pembayaran BI-Fast, Setelah sebelumnya memperkenalkan  QRIS. Berbeda dengan QRIS yang merupakan standarisasi pengkodean scan QR untuk pembayaran. BI-Fast ini memberikan kecepatan dan biaya yang lebih menarik bagi para nasabah saat transfer antar bank. Dengan menggunakan BI-Fast maka dana antar bank akan terkirim secara realtime saat itu juga, bukan hanya pembukuannya saja melainkan juga uangnya langsung sampai ke bank lain oleh pihak BI. Biaya BI-Fast pun lebih murah dari sistem sebelumnya, yaitu hanya sebesar Rp2.500,- / transaksi.


Akhir dari kegiatan ToT CBP Rupiah ini berupa Role Play Rangking 1 yang mempertandingkan para peserta secara berkelompok dengan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan. Dan pada akhirnya nanti, Bank Indonesia Cabang Tasikmalaya juga akan menggelar perlombaan CBP Rupiah bagi para siswa dengan materi yang sama. Sehingga para guru tersebut harus menyampaikan kembali materi ToT CBP Rupiah kepada para siswanya.


Kegiatan tersebut sangat bermanfaat, “Setelah sebelumnya saya mengetahui kampanye 3D tentang uang, yaitu Dilihat, Diraba, dan Diterawang, ternyata ada juga 5J, yaitu uang rupiah Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distepler, Jangan Dibasahi, dan Jangan Diremas” ujar Budi Rachmat Kurniawan peserta perwakilan dari SDN Cibangun Kidul Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Senin (15/8/2022).


Post a Comment for "Bank Indonesia Cabang Tasikmalaya Melaksanakan Training of Trainer CBP Rupiah 2022"