Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuota PPG Akan Ditambah demi Menaikan Kesejahteraan Guru




Kementerian Agama secara perlahan namun pasti tengah menyelesaikan persoalan jaminan ketenagakerjaan bagi para guru.

Saat ini pemerintah tengah membahas pedoman teknis pelaksanaan jaminan ketenagakerjaan bagi guru bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Direktur Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Muhammad Zain memaparkan “Guru akan makin optimal dalam mengabdi jika kesejahteraan dan kesehatannya terjamin,”, disampaikan pada hari Kamis (10/2). 

Kementerian Agama (Kemenag) saat ini juga tengah mengupayakan melalui usulan penambahan kuota peserta PPG (pendidikan profesi guru). Hal tersebut tentunya  akan berpengaruh kepada kesejahteraan para guru. 


Kemenag juga sudah menyelesaikan tunggakan utang tunjangan profesi guru, dan lain sebagainya. Zain menegaskan bahwa negara akan senantiasa berusaha dan berupaya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang mengganggu kinerja pendidik dan tenaga kependidikan (tendik).

Namun, dengan kondisi saat ini negara juga menyadari bahwa persoalan peradaban bukan persoalan semudah membalik tangan. Zain menjelaskan bahwa menyelesaikan permasalahan guru akan berkontribusi positif dalam perbaikan pendidikan di Indonesia. "Mengurus guru adalah mengurus peradaban," tegasnya.

Sebelumnya, Dirjen Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani mengajak para subkoordinator untuk meneguhkan kembali komitmen untuk mengoptimalkan layanan kepada para guru, walaupuun telah mengalami pergeseran jabatan. “Kementerian Agama memiliki visi yang tertuang dalam PMA 42 Tahun 2016, tetapi di lain sisi reformasi dalam birokrasi tentu menuntut adanya perubahan dari jabatan struktural ke fungsional,” jelasnya. Karena itu semua kasi guru dan kasi tendik ditetapkan sebagai subkoordinator untuk tetap mengimplementasikan visi Kemenag, tegas Zain. Adapun untuk pengembangan profesi dan kompetensi, akan difasilitasi melalui fungsi dirinya sebagai analisis SDM aparatur. (abd/beritapanas)

Post a Comment for "Kuota PPG Akan Ditambah demi Menaikan Kesejahteraan Guru"